Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Meraih Sukses dengan Bisnis Sampingan Modal Kecil

Bisnis Sampingan Modal Kecil

Bisnis Jasa

Meraih Sukses dengan Bisnis Sampingan Modal Kecil

Anda ingin mendapat penghasilan tambahan dengan mencoba bisnis sampingan modal kecil? Mempunyai penghasilan tambahan merupakan hal yang diidamkan oleh banyak orang. Utamanya adalah mereka yang saat ini sedang berstatus sebagai mahasiswa, karyawan, hingga ibu rumah tangga.

Tambahan penghasilan ini tentunya akan banyak membantu mereka yang tidak bisa full-time terjun dalam dunia bisnis. Sebab itu, memiliki bisnis sampingan modal kecil sangatlah dianjurkan.

Ketika mulai memantapkan hati untuk memulai bisnis sampingan, maka Anda dituntut untuk memilih bisnis yang sesuai dengan hobi atau kesukaan. Selain itu, perhatikan pula jenis risiko dan berapa banyak modal yang dibutuhkan. Pemilihan jenis usaha sampingan ini nantinya akan berpengaruh terhadap kesibukan sehari-hari. Jangan sampai, kesibukan utama Anda malah terganggu karenanya.

Memilih jenis bisnis sampingan juga memerlukan kejelian dalam membaca peluang pasar. Anda tidak mungkin memaksakan diri untuk menjual produk yang sedang tidak diminati pasar. Agar bisnis sampingan dapat berkembang dengan cepat, dan baik, jelilah dalam membaca minat pasar.

Langkah lainnya, Anda dituntut untuk keluar dari zona nyaman. Kebanyakan memang, pelaku bisnis sampingan adalah orang-orang yang telah memiliki kesibukan utama. Namun, sebagai wirausahawan, Anda diminta untuk memiliki mindset yang bebas. Jangan takut mengambil risiko. Semakin besar tantangan yang dihadapi, maka semakin matang jiwa Anda dalam berbisnis.

Untuk memulai langkah menjalankan bisnis sampingan, maka tidak perlu menunggu terlalu lama. Sebab, bisnis sampingan dapat dijalankan dengan modal kecil. Modalnya juga tidak perlu dari berutang. Menyisihkan beberapa persen dari uang gaji setiap bulan dapat dilakukan untuk mendapatkan modal.

Biasanya, banyak pelaku usaha sampingan yang mengeluhkan keterbatasan waktu yang dimiliki. Tidak perlu putus asa. Bisnis pada hakikatnya adalah membangun networking. Karena itu, Anda bisa meminta bantuan saudara ataupun teman untuk membantu menjalankan bisnis ini.

Baca Juga :  Jasa Keamanan: The Bodyguard

Merintis Bisnis Sampingan Modal Kecil


Bagaimana cara mudah merintis bisnis sampingan dengan modal kecil? Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda mepersiapkan diri dalam mengembangkan bisnis sampingan.

1. Memanfaatkan Keterampilan yang Dimiliki
Bisnis sampingan tidak memerlukan modal besar dan hal-hal yang telalu muluk. Sebab itu, mulailah dari modal yang dimiliki.

Keterampilan yang dikuasai adalah modal terbaik untuk memulai bisnis sampingan. Misalnya saja, membuka jasa les privat, jasa pengetikan, jasa penerjemahan, menulis artikel secara online, menjadi fotografer freelance, dan lain-lain. Bisa juga membuka kursus masak, kursus kecantikan, dan hal-hal lainnya yang dikuasai.

2. Manfaatkan Hobi
Hobi ternyata di suatu saat akan membawa hoki. Karena itu, memulai bisnis sampingan dapat dikembangkan lewat hobi. Hobi memasak dapat dimanfaatkan dengan membuka catering.

3. Lihatlah Minat Pasar di Sekitar
Membaca minat pasar sangat penting dilakukan sebelum merintis usaha sampingan. Contohnya, seorang mahasiswa dapat menjual buku-buku pegangan yang diperlukan untuk perkuliahan. Apabila Anda adalah karyawan di sebuah perusahaan, maka dapat memasarkan aksesori, fashion ataupun hal lainnya yang dibutuhkan oleh mereka. Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga, bisa merintis usaha penitipan anak, catering, makanan khusus bayi, dan lain-lain. Bacalah peluang dan manfaatkan!

4. Bergabung dalam Komunitas
Bergabung dalam komunitas yang mendukung bisnis sampingan modal kecil sangat dibutuhkan. Komunitas akan membantu Anda untuk lebih banyak berinovasi. Komunitas juga akan mempermudah dalam membangun networking. Karena itu, rajin-rajinlah untuk mencari komunitas yang dapat membantu dalam menjalankan bisnis sampingan.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top