Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Bisnis Peternakan Kambing, Analisa dan Teknik Pemilihan Bibitnya

Analisa Bisnis Peternakan Kambing dan Teknik Pemilihan Bibitnya

Bisnis Ternak

Bisnis Peternakan Kambing, Analisa dan Teknik Pemilihan Bibitnya

Bisnis peternakan kambingBisnis peternakan kambing merupakan salah satu bentuk peluang usaha dengan prospek yang sangat bagus. Sebagaimana diketahui, hampir 85% penduduk Indonesia merupakan penganut agama Islam yang setiap tahun selalu melaksanakan penyembelihan binatang ternak terutama kambing dan sapi.

 


Kelebihan dan Prospek Bisnis Peternakan Kambing


Kebutuhan atas hewan kambing ini terus mengalami peningkatan setiap waktu. Bahkan lebih dari itu, banyak masyarakat Indonesia yang suka menyantap daging kambing dalam berbagai bentuk sajian masakan seperti sate, gulai, tongseng dan sebagainya.

Setiap warung atau rumah makan yang menyajikan menu masakan tersebut, setiap hari selalu ramai dan penuh dengan pengunjung. Hal ini merupakan salah satu indikasi jika peternakan kambing bisa dijadikan sebagai ladang usaha yang sangat menjanjikan. Bisa dikatakan bahwa daging kambing dan bagian tubuh lainnya tidak pernah kekurangan pasar, meskipun bukan merupakan Hari Raya Idhul Adha atau Hari Raya Qurban.

Kelebihan lain dari bisnis peternakan kambing adalah proses pemeliharaannya membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat dibanding dengan hewan ternak lainnya misalnya sapi. Bukan itu saja, modal yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis ini juga tidak terlalu besar tapi pada sisi yang lain keuntungan yang didapat cukup banyak.

Dalam jangka waktu dua tahun saja, satu ekor kambing betina bisa menghasilkan keturunan atau anak hingga tiga kali. Dan yang lebih menguntungkan lagi, kambing termasuk binatang yang tidak mudah terserang penyakit dan proses pemeliharaannya tidak begitu rumit. Hewan ini termasuk mudah melakukan adaptasi terhadap lingkungan yang baru di segala cuaca dan iklim.

Selain dagingnya, masih ada bagian tubuh kambing yang bisa dijual belikan sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal. Jenis kambing domba misalnya dalam kurun waktu tertentu bisa diambil bulunya kemudian dijual kepasaran. Bulu ini nantinya diolah oleh pabrik kemudian dijadikan benang dan selanjutnya diproses lagi menjadi kain.

Baca Juga :  Tips Praktis Pembuatan Jamur Merang

Sedangkan kambing yang bukan jenis domba kulitnya juga mempunyai nilai jual yang sangat tinggi karena bisa digunakan untuk membuat aneka macam barang kerajinan dan sebagainya. Selanjutnya susu kambing juga banyak yang membutuhkan meski masih kalah dibandingkan dengan susu sapi segar.

Apabila jumlahnya mencukupi, kotoran kambing juga memiliki daya guna yang cukup tinggi terutama setelah diolah menjadi kompos atau pupuk kandang. Jadi bisa dikatakan, budidaya kambing tidak hanya melulu menghasilkan dagingnya saja, namun hampir semua bagiannya dapat mendatangkan penghasilan.

 


Beberapa Tips yang Perlu Diperhatikan


Mengelola bisnis peternakan kambing termasuk hal yang cukup mudah dilakukan. Tapi ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian secara seksama. Perlu diketahui, setelah usia kambing menginjak delapan bulan, susunya sudah bisa diperah kemudian diolah atau dijual. Namun hal ini khusus untuk kambing yang memang diternak untuk diambil susunya. Setiap satu ekor kambing rata-rata mampu menghasilkan susu sebanyak 20 liter.

Sedangkan untuk kambing pedaging, bisa disembelih paling tidak setelah berusia satu tahun. Nilai jual kambing ini dapat mengalami peningkatan bila sudah siap untuk dikawinkan, atau ketika tubuhnya sudah memiliki ukuran sekitar 95 sentimeter.

Agar bisa mencapai proses pertumbuhan yang maksimal, salah satu hal terpenting yang perlu mendapat perhatian khusus yaitu makanannya. Jenis makanan yang paling cocok bagi hewan yang suka mengembik ini adalah ampas tahu dan daun mahoni, selain rumput-rumputan.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Ternak

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top