Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Bisnis Percetakan Digital

Bisnis Jasa

Bisnis Percetakan Digital

Perkembangan teknologi begitu pesat. Begitu juga dengan teknologi percetakan digital. Kini, di berbagai sudut, baik di lingkungan bisnis maupun kampus, marak sekali gerai-gerai percetakan digital. Fenomena ini, bagi para pelaku bisnis tentu perlu menjadi perhatian, dimana saat ini bisnis digital printing begitu menjanjikan. Apakah Anda juga tertarik dengan bisnis ini?

Pebisnis sejati tak akan pernah berkata tidak. Kalaupun bisnis percetakan digital ini dirasa belum pas atau belum begitu cocok dengan selera, baiknya jangan buang dulu ide bisnis ini. Pikirkan dalam dalam dan renungkan, siapa tahu Anda kelak tertarik dan ternyata bisnis ini membawa hoki alias keberuntungan bagi Anda.


Bisnis Percetakan Digital Butuh Keahlian


Menekuni bisnis percetakan digital memang butuh keahlian. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Dasar-dasar desain
Dasar-dasar desain ini mencakup pengetahuan dasar desain itu sendiri. Diantaranya, minimal Anda menguasai satu software desain, katakanlah photoshop. Yaitu sebuah software untuk melakukan pengolahan data gambar yang nantinya akan dicetak. Lebih baik lagi Anda menguasai software lain misalnya CorelDraw. Dasar-dasar ini mutlak diperlukan dalam pekerjaan teknis nantinya.

Dasar-dasar percetakan
Selain dasar-dasar disain, yang dibutuhkan adalah ilmu percetakan dasar. Jika hanya mengenal disain saja tentu kurang afdol, sebab kadang disain yang bagus tidak mendukung untuk dicetak. Misalnya gambar terlalu kecil sehingga kalau dicetak akan pecah dsb. Untuk itu dasar-dasar percetakan ini perlu dikuasai.

Marketing
Ini yang penting. Dalam bisnis apapun, marketing atau ilmu pemasaran menjadi bagian yang tak boleh dilupakan. Anda harus mengenalkan bisnis Anda ke khalayak ramai (luas). Dalam pemasaran pula, yang paling penting adalah PENAWARAN. Ya, Anda perlu melakukan penawaran-penawaran bisnis, baik melalui email, SMS, telpon maupun selebaran dll.

Baca Juga :  Tarif JNE

Langkah Nyata


Langkah nyatanya, Anda beli mesin cetak digital. Ini kalau Anda punya banyak modal. Kalau tidak tidak, cobalah Anda bikin selebaran. Kecil-kecilan dulu tak masalah. Bagi-bagikan ke tempat umum.

Disana Anda cantumkan misalnya Anda bisa mengerjakan pekerjaan semacam cetak brosur, undangan, kartu nama, atau lebih spesifik misalnya Anda fokus untuk bisnis percetakan kaos digital. Sekarang ini, banyak gerai yang melayani percetakan kaos digital satuan.

Artinya, pesan satupun Anda akan dilayani. Nah, coba mulai pasarkan itu. Misalnya dari percetakan kaos tersebut harga kaos satuan Rp 35.000, Anda bisa menjualnya lagi dengan harga Rp 50.000. Agar memudahkan orang lain memesan, pergunakan kecanggihan teknologi.

Misalnya buat blog atau website profil usaha bisnis digital printing Anda. Dalam contoh tersebut, usaha atau bisnis percetakan kaos digital, Anda bisa memasang contoh-contoh disain. Para pelanggan dibebaskan untuk memilih atau mengirimkan disain sesuai dengan keinginan mereka. Lalu Anda cetak, jual dan Anda mendapatkan keuntungan darinya. Inilah langkah mudah bisnis percetakan digital.


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top