Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Merintis Bisnis Modal Dengkul

Bisnis Modal Dengkul

Peluang Usaha

Merintis Bisnis Modal Dengkul

Jika Anda tidak memiliki kecukupan modal untuk berbisnis, teruslah berimajinasi. Ide-ide cemerlang selalu menyelinap di tengah gundahnya mengahadapi himpitan ekonomi. Bisnis modal dengkul, itulah jalan yang ditempuh. Tapi, bagaimana cara memulainya?


Mental Bisnis


Terjun ke dunia bisnis adalah seperti menerjunkan diri ke dalam arus lalu lintas yang padat dan ramai. Anda harus telah siap dengan berbagai hal tak terduga, resiko, dan segala rintangan. Namun apabila Anda mampu mengatasinya, apalagi sampai memperoleh keuntungan, maka ada kepuasan tersendiri yang akan Anda rasakan.

Begitu pula dengan melakukan bisnis modal dengkul, Anda tetap akan merasakan hal yang sama, resiko bisnis, hal tak terduga, friksi, tantangan dan sebagainya. Hanya saja bedanya terletak pada modal. Bisnis formal memerlukan modal, sementara bisnis yang dijalankan bermodal dengkul tanpa modal.

Tekad dan mentalitas menyingkirkan gengsi, itulah kuncinya. Terasa ringan di kantong memang, jika sebuah bisnis tanpa mengeluarkan modal. Selain menghindari resiko kerugian, bisnis modal dengkul bisa dilakoni siapa saja.

Berbisnis dengan modal dengkul harus memiliki mental bisnis, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda persiapkan:

Jujur
Modal Anda adalah kepercayaan. Maka dari itu jagalah baik-baik kepercayaan tersebut sebagai modal dasar berbisnis Anda.

Teliti
Anda tidak memiliki penasihat ekonomi atau seorang accountant, karena itu bersikaplah teliti. Karena semua hal, Anda sendiri yang harus mengawasi, mengecek dan menjalankannya. Jangan hal kecil menjadi sandungan nantinya, hanya karena Anda kurang teliti.

Waspada
Bersikap waspada sangat perlu. Apalagi bisnis Anda termasuk yang mengandung resiko. Resiko yang umum Anda temui, seperti: penipuan, pemaksaan, perjanjian tanpa bukti, dan lainnya.

Berani
Anda juga harus berani. Berani dalam arti luas. Berani tampil beda, berani mengambil resiko, berani berspekulasi, berani yang bertanggung jawab, berani berpendapat, dan berani untuk mencoba.

Baca Juga :  Bisnis Sepatu di Mall dan Pinggir Jalan

Nah, semua tersebut di atas adalah mental bisnis yang harus Anda miliki. Meski bermodal ataupun tidak bermodal, mental-mental bisnis tersebut harus dijalankan. Apapun resikonya. Dan setelah Anda memiliki mental bisnis seperti itu, kini tibalah saatnya Anda memilih bisnis apa yang akan Anda jalankan.

Contohnya adalah menjadi seorang makelar, misalnya. Ia hanya mempertemukan penjual dan pembeli. Setelah bertransaksi, ia pun diberi komisi yang terbilang lumayan dan sesuai kesepakatan tentunya.

Meskipun demikian, sedikit modal pastilah harus dikeluarkan. Contohnya biaya ongkos, makan, maupun biaya urgent lainnya. Meski hasilnya belum tentu menjanjikan, bisnis modal dengkul pun mampu meraup keuntungan. Walau hanya bermodal dengkul, Anda harus tetap pandai dalam memilah pekerjaan yang layak.


Ide Bisnis Modal Dengkul


Apa sebenarnya yang paling mahal dalam bisnis? Dan apa yang paling dihargai oleh banyak orang? Jawabannya adalah ide kreatif. Ide yang kreatif dan mampu menelurkan berbagai karya spektakuler adalah hal-hal yang biasanya lebih dulu dipandang, dihargai dan diapresiasi oleh masyarakat.

Teruslah putar otak Anda dalam bisnis semacam ini. Baiknya tak sekedar bermodalkan dengkul, namun pertimbangan yang matang akan mempengaruhi kelayakan bisnis yang dijalani. Agar keuntungannya lebih menawan, sebaiknya jangan terlalu mengandalkan dengkul

Bisnis modal dengkul dapat ditempuh dengan berbagai cara. Untuk tingkatan bisnis yang lebih tinggi misalnya, dengan berbekal sehelai kertas dan pena, Anda bisa meminjam saham dari perusahaan lain.

Olah terus aset yang disuguhkan, demi mendapatkan keuntungan yang berlipat-ganda. Keterbatasan modal tak harus menghentikan langkah Anda dalam meraih cita. Sebaliknya, jadikanlah tantangan tersebut sebagai pemicu semangat juang.

Bagaimana pun, bisnis bermodal dengkul tak lepas dari harapan. Jika tak maksimal dalam menggerakkan dengkul sendiri, membangun kemitraan permodalan merupakan solusi efektif, selama sistemnya fleksibel dan ada konpensasi.

Baca Juga :  Kiat Memulai Bisnis Jasa Penerjemahan

Laman: 1 2


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top