Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Bisnis Laundry Menuai Rezeki dari Pakaian Kotor

Bisnis Laundry

Bisnis Jasa

Bisnis Laundry Menuai Rezeki dari Pakaian Kotor

Bisnis laundry dari yang sederhana hingga yang berskala besar bisa ditemukan hampir di setiap daerah. Bisnis ini tampaknya begitu menjanjikan, terlebih di perkotaan dan kawasan permukiman. Di tengah kesibukan kerja dan banyaknya waktu yang tersita di jalan akibat macet, sebagian besar para pekerja memilih untuk menggunakan jasa laundry.

Nah, apakah Anda juga ingin mencicipi manisnya bisnis laundry? Ada dua pilihan untuk menjalankan bisnis ini. Bila Anda memiliki modal yang terbatas, Anda bisa memulai bisnis ini sendiri dengan skala rumahan. Namun, bila memiliki cukup modal, Anda tinggal memilih franchise atau waralaba baik dari dalam negeri ataupun franchise dari luar negeri.


Memulai Bisnis Laundry Sendiri


Bisnis laundry bisa dijalankan meskipun dengan modal yang kecil. Tidak perlu menyewa tempat secara khusus. Garasi bisa disulap menjadi tempat untuk menjalankan bisnis ini. Anda bisa mengecat ulang garasi tersebut agar terlihat bersih.

Kemudian, bagi ruang tersebut ke dalam beberapa bagian. Dalam pembagian ruangan ini, berikan ruang yang cukup untuk meletakkan pakaian konsumen yang telah siap diambil, ruang untuk pakaian kotor konsumen yang baru tiba, serta ruang untuk menyetrika.

Pembagian ruang ini sangat penting agar terlihat kesan rapi dan bersih. Kerapian dan kebersihan ini akan menimbulkan kepercayaan dan kenyamanan bagi konsumen. Selain itu, pembagian ruangan memudahkan Anda mengidentifikasi barang-barang milik konsumen.

Selanjutnya, untuk operasionalnya, beberapa hal berikut ini perlu dipersiapkan :

Instalasi Air yang memadai
Air adalah salah satu komponen penting dalam bisnis ini. Karena itu, pastikan pasokan air bersih dapat diperoleh dengan mudah dan lancar. Pastikan pula pasokan air tetap lancar saat musim kemarau tiba. Sangat bagus bila tersedia pula cadangan pasokan air bila sewaktu-waktu terjadi kesulitan air.

Baca Juga :  Sketsa Bunga Sebagai Peluang Usaha Menjanjikan

Listrik
Karena bisnis ini dijalankan di rumah, daya listrik yang biasanya hanya digunakan untuk keperluan rumah tangga akan bertambah dengan keperluan untuk bisnis ini. Bila bisnis telah mulai berjalan, mesin cuci dan setrika akan beroperasi hampir sepanjang hari. Untuk itu, pastikan daya listrik mencukupi kebutuhan ini.

Aliran Pembuangan Air Kotor
Bisnis ini tentu akan menghasilkan air kotor yang cukup banyak setiap harinya. Untuk itu, pastikan saluran pembuangan air kotor memadai untuk mengalirkan air kotor ini. Jangan sampai air kotor tersebut mengganggu lingkungan sekitar.

Tempat Menjemur yang Mencukupi
Bisnis laundry skala kecil biasanya tidak menggunakan mesin pengering, tapi hanya mengandalkan panas matahari saja. Untuk itu diperlukan ruang yang cukup luas untuk menjemur pakaian. Anda bisa memanfaatkan loteng atau halaman belakang untuk tempat penjemuran ini.

Memang pilihan mengeringkan pakaian dengan menjemur ini dapat memperkecil jumlah modal yang harus dikeluarkan. Tetapi, pilihan ini juga memiliki kekurangan. Bila musim penghujan tiba, tentu sulit mengeringkan pakaian dengan mengandalkan sinar matahari saja.

Mesin Cuci
Untuk bisnis berskala kecil, Anda bisa saja memulainya dengan menggunakan satu atau dua mesin cuci biasa. Tetapi, bila bisnis Anda telah berkembang atau jika Anda ingin memulai bisnis dengan skala menengah atau besar, perlu dipersiapkan untuk menggunakan mesin cuci berkapasitas besar pula.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top