Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Bisnis IT yang Cerdas

Bisnis IT

Bisnis Komputer

Bisnis IT yang Cerdas

Siapa pun bisa memiliki bisnis IT. Keahlian mengenai IT memang sangat ditubuhkan. Namun, bisnis tetaplah bisnis itu sendiri. Ia memiliki karakteristik yang umum sebagaimana bisnis-bisnis lainnya.

Dalam bisnis IT, perencanaan, strategi, dan manajemen bisnis tentu saja harus meggunakan kaidah prinsip bisnis secara umum. Dulu, bisnis IT memang didominasi oleh para ahli. Namun, beberapa ahli pemasaran IT meramalkan bahwa bisnis IT yang berdasarkan pada keahlian semata akan mengalami memunduran.

Pelaku bisnis IT harus mampu mengombinasikan kompetensi dan keahlian teknis. Pengalaman bisnis dan kemampuan memberikannya memberikan solusi komprehensif.

Dengan berbagai ijazah dan sertifikat mungkin seesorang merupakan seorang ahli. Namun, itu belum cukup. Anda harus memiliki kemampuan verbal, yakni kemampuan berkomunikasi untuk solusi dan berhubungan baik dengan orang lain. Pebisnis IT yang memiliki semua persyaratan itu akan mampu bertahan menjadi seorang entrepreneur di dunia IT.

Bisnis IT tidah terlihat ramai karena usia disiplin IT sendiri masih relatif muda dibanding disiplin bisnis lainnya. Selain itu, percepatan konsep dan perkembangan IT sendiri membuat kompetisi sedemikian rapat, cepat, dan mampu menggerus para pelaku bisnis yang lamban dan tidak kreatif merespon setiap perkembangan dan temuan-temuan baru.


Yang Harus Dilakukan Para Pebisnis IT


Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus dilakukan para pebisnis IT:

  • Siapkan sistem perencanaan, strategi, dan manajemen yang bagus, sebelum Anda membuka bisnis IT.
  • Setiap peluang usaha memiliki nilai untung dan rugi. Oleh sebab itu, setiap keputusan harus memperhitungkan opportunity cost yang harus dibayar.
  • Anda harus cerdas, cepat, dan kreatif, dalam mengambil berbagai peluang yang ada. Usahakan untuk mengemas bisnis dengan baik, menarik, dan solutif, bagi keperluan banyak orang.
  • Anda harus memiliki kemampuan verbal. Di antara kesibukan dengan mesin (komputer), harus tetap melatih teknik dan strategi berkomunikasi dengan manusia. Usahakan untuk menyampaikan pengetahuan dan teknologi yang dikuasai dengan bahasa sederhana yang dapat dipahami orang awam. Ingat, tidak semua pelanggan paham dunia IT.
  • Bangunlah jaringan dan kerja sama dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan bisnis. Setiap pertemuan dengan orang lain, siapa pun ia, harus percaya bahwa ia akan membawa manfaat meskipun tidak secara terang-terangan.
  • Anda bisa mempertimbangakan untuk menjadi reseller produk barang dan jasa dari vendor luar negeri sebagai titik awal dalam mengembangkan bisnis IT.
  • Anda bisa mengamati, meniru, dan memodifikasi produk IT yang sudah ada dengan cerdas dan menyesuaikannya dengan kebutuhan masyarakat. Jangan lupa, Jepang pernah melakukan hal sama saat memulai bisnis IT-nya hingga mampu merajai pasaran dan memimpin inovasinya.
  • Buatlah konsep produksi dan pelayanan yang baik dan terukur supaya dapat mengevaluasinya secara berkelanjutan. Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada bisnis IT.
  • Jangan sekadar melakukan bisnis dengan sistem keuntungan sebesar-besarnya. Anda harus terus melakukan investasi untuk penelitian dan pengembangan perusahaan.
Baca Juga :  Melihat Peluang Usaha Jasa Cleaning Service

Macam-Macam Bisnis IT


Laman: 1 2


Kategori Bisnis Komputer

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top