Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Bisnis Hotel, Begini Tips Yang Harus Anda Tahu

Bisnis Hotel

Peluang Usaha

Bisnis Hotel, Begini Tips Yang Harus Anda Tahu

Hai Rekan-rekan,,, kembali lagi,,, kali ini akan meneruskan tentang tips bisnis hotel, yang jelas sangatlah menarik yah rekan-rekan usaha tersebut :

Bisnis Hotel

1. Penentuan Arsitek
Untuk mendesain hotel agar maksimal dalam pemanfaatan ruang dan agar kontraktor dapat membangun hotel dengan biaya effisien maka dibutuhkan seorang arsitek atau konsultan perencana dalam perencanaan pembangunan hotel anda. Arsitek akan menggambar seluruh arsitektur bangunan, membuat gambar mekanikal & elektrikal serta plumbing sampai membuat rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan hotel anda tersebut. Gambar arsitektur juga dibutuhkan dalam pengurusan IMB hotel anda.

2. Pengurusan Perijinan
Sebelum anda membangun hotel, anda wajib mengurus segala perijinannya. Yang paling utama tentunya adalah ijin lokasi karena tanpa ijin ini tentu anda tidak dapat mengurus ijin-ijin yang lain dari pemda setempat. Tentang apa saja perijinan hotel, silahkan lihat pada halaman tentang perijinan hotel disini

3. Penentuan Kontraktor & Konsultan Pengawas

Setelah desain arsitektur hotel anda rampung dan ijin Mendirikan Bangunan didapatkan dari Pemda setempat, maka tahap selanjutnya adalah menunjuk siapa yang akan menjadi kontraktor pembangunan hotel anda. untuk menunjuk siapa kontraktor pembangunan hotel, dapat dikakukan dengan cara tender atau penunjukan langsung. Selain kontraktor, anda juga wajib menunjuk siapa yang akan menjadi Konsultan Pengawas atau Konsultan MK yang bertugas mengawasi kontraktor agar proses pembangunan berjalan tepat waktu serta sesuai dengan spesifikasi2 yang dibuat oleh konsultan perencana.

4. Belanja Kebutuhan Barang dan Perlengkapan Hotel.
Untuk kebutuhan ini, anda dapat mengerjakannya sendiri, akan tetapi dengan adanya konsultan yang membantu anda maka terjadinya salah beli atau harga barang terlalu mahal dapat anda hindari. Produk kebutuhan untuk operasional hotel harganya sangat mahal, jadi janagn sampai salah dalam berbelanja hal ini akan berakibat membengkaknya investasi Anda.

Baca Juga :  Cara Membuat Usaha Rumahan

5. Persiapan Pembukaan Hotel
Apabila sampai tahap nomor 9 anda mengerjakannya tanpa campur tangan Konsultan hotel, maka pada tahap persiapan pembukaan hotel ini, anda benar benar wajib menyewa seorang konsultan atau tenaga ahli untuk melakukan rekruitmernt pegawai, pembuatan standar operasional & prosedur, training dll. Untuk kebutuhan ini, anda tidak dapat lakukan sendiri kecuali jika anda memang seorang ahli di bidang manajemen hotel dengan pengalaman yang cukup.

6. Pembukaan Hotel
Selepas hotel Anda di launching, Anda akan memasuki suatu masa dimana tidak ada pengunjung yang menginap di hotel yang anda kelola. Dibutuhkan kerja keras dari tenaga marketing untuk dapat menghadirkan tamu ke hotel anda sehingga pada tahap awal ini, anggaran marketing wajib mendapatkan prioritas utama.

Demikian sekilas yang dapat kami sampaikan tentang tata cara membuka bisnis hotel, kami yakin bahwa mempunyai hotel bukanlah monopoli kalangan dengan modal besar, akan tetapi dapat dilakukan oleh siapa saja yang mempunyai jiwa kuat dan ketekukan dalam membuka bisnis ini, ditambah kejelian dalam melihat peluang.


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top