Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Jangan Menyerah, 10 Cara Agar Bisnis Tetap Eksis di Kala Pandemi

Review

Jangan Menyerah, 10 Cara Agar Bisnis Tetap Eksis di Kala Pandemi

Pandemi corona telah membuat para pelaku bisnis kalang kabut. Dari aturan pemerintah yang menerapkan PSBB, pembatasan pengunjung sampai ketakutan orang untuk beraktivitas di luar ruangan. Dari Maret 2020 sampai saat artikel ini ditulis (Januari 2021, red) imbas dari covid sangat terasa sekali dari sisi ekonomi pengusaha. Mulai pengurangan karyawan bahkan sampai ada yang gulung tikar.

Tetap Eksis di Kala Pandemi

Berbagai strategi dilakukan para pelaku bisnis supaya dapat bertahan saat pandemi. Dan hal ini lebih pahit dibanding saat krisis moneter tahun 1998 lalu, karena saat krismon UKM masih bisa bertahan. Tapi tidak dengan pandemi covid 19, warung makan pun ikut merasakan dampaknya.

Sebagian besar usaha yang gulung tikar karena mereka masih menggunakan pemasaran konvensional, menunggu pelanggan datang atau efek promosi dari mulut ke mulut dan belum menerapkan digital marketing. Strategi pemasaran saat ini telah berubah, mungkin Anda dulu masih bisa menggunakan brosur atau iklan surat kabar. Tapi saat ini sudah bergeser ke strategi pemasaran berbasis online yaitu digital marketing.

Sebagai pelaku bisnis Anda harus fleksibel mengikuti trend saat ini. Apabila Anda mempunyai usaha maka sudah menjadi hal yang wajib untuk beradaptasi dengan era digital. Sudah banyak bukti beberapa raksasa bisnis tutup karena kalah bersaing dengan mereka yang sudah menerapkan digital marketing.

Saat ini brand-brand besar sudah mulai jemput bola langsung ke end user, mereka berlomba memanjakan customer dengan strategi digital marketing. Dulu untuk order produk langsung ke produsen atau distributor adalah hal yang sulit, tapi tidak dengan sekarang.

Pertanyaanya, apakah Anda sudah menerapkan digital marketing untuk bisnis ? Atau Anda hanya akan jadi penonton, berdiam diri dan pasrah dengan keadaan ? Wake up ! Sudah saatnya ambil langkah baru untuk sukses lewat internet.

 


Mengenal Digital Marketing


Digital marketing adalah aktivitas pemasaran yang menggunakan media internet. Tidak hanya meningkatkan omset penjualan, digital marketing juga digunakan untuk membangun branding sebuah produk. Mengapapa harus menggunakan strategi digital marketing ? Selain mendekatkan diri ke konsumen, biaya operasional untuk marketing lebih murah dibandingkan promosi konvensional, juga pemasaran kita lebih tertarget.

 

Manfaat Digital Marketing

1. Konsumen Lebih Mudah Mendapatkan Informasi
Pasti sebelum memutuskan melakukan transaksi, konsumen akan bertanya tentang detail produk atau jasa yang kita tawarkan. Disini kita bisa memberikan informasi mengenai spesifikasi, kelebihan produk dan hal lainnya yang berkaitan dengan produk.

Baca Juga :  Mencoba Bisnis Perhotelan Bagi Pemula

2. Menjangkau Pasar Lebih Luas
Jika dulu konsumen Anda hanya dalam lingkup satu kota saja, tidak menutup kemungkinan akan mendapat pelanggan baru dari kota atau propinsi lain.

3. Mendapatkan Konsumen Sesuai Target Market
Menjual produk ke target market yang tepat akan meningkatkan konversi penjualan. Dibawah nanti akan kami ulas bagaimana tips dan strateginya.

4. Sebagai Sarana Evaluasi
Anda bisa menerima masukan berupa review dari konsumen, hal ini bisa kita jadikan bahan evaluasi terhadap layanan serta produk yang kita jual.

5. Menambah Kesan Profesional
Sebuah usaha yang memiliki website dan sosial media akan menjadi nilai lebih di mata konsumen. Jika Anda tidak memiliki web dan sosmed, jangan sakit hati jika dibilang usaha Anda ketinggalan jaman.

 


Apa Yang Harus Anda Lakukan ?


1. Daftarkan Usaha Anda di Google Bisnis
Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mendaftarkan usaha Anda di google bisnis. Google Bisnis adalah fitur gratis dari google yang wajib Anda gunakan, ini sangat membantu konsumen menemukan lokasi usaha Anda dan mereka juga dapat memberikan review.

Anda juga dapat memberikan informasi tentang jam operasional, foto lokasi usaha, alamat dan alamat website serta nomer telepon. Untuk mendaftarkan usaha Anda silahkan kunjungi www.google.com/business

2. Wajib Memiliki Website Bisnis
Dengan website, Anda seperti memiliki sales yang bekerja sepanjang hari, yang bisa mempresentasikan produk atau jasa yang Anda jual bahkan saat Anda sedang tidur.

Sayangnya, banyak pelaku usaha yang tidak ingin memiliki website. Mereka berdalih jika bisnis mereka sama sekali tidak ada hubungannya dengan internet. Misalnya seorang pengusaha bengkel yang setiap hari menyentuh mesin atau oli, mereka menilai bahwa website tidak terlibat langsung dalam aktivitasnya.

Iya benar secara tidak langsung memang tidak ada kaitannya, namun jika kita cermati website ternyata berpotensi untuk meningkatkan bisnis bengkel tersebut. Website dapat digunakan sebagai sarana promosi agar bengkel semakin terkenal. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk managemen konsumen seperti booking service, pembelian spare part atau membuat database konsumen.

Baca Juga :  Kerajinan Tangan Mudah dan Menguntungkan

Berbicara tentang website tidak bisa kita lepaskan dari domain dan hosting. Domain adalah nama agar website Anda mudah untuk di ingat, sedangkan hosting adalah tempat meyimpan data supaya bisa diakses oleh konsumen.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja kebutuhan dalam membuat website, saatnya Anda mencari layanan hosting murah terbaik. Dan jika website Anda target marketnya khusus Indonesia, saran kami gunakan hosting Indonesia agar lebih cepat saat diakses.

3. Gunakan Google Ads

Google Ads merupakan program periklanan yang bisa menampilkan website Anda di halaman depan hasil pencarian Google (Google Search). Semua pelaku usaha yang memasang iklan menggunakan Google Ads memiliki satu kesamaan, yaitu ingin meningkatkan penjualan dan produknya lebih dikenal oleh pasar. Jika digunakan dengan benar, Google Ads berpotensi untuk mendapatkan konsumen sesuai dengan apa yang akan Anda tawarkan.

Untuk menggunakan layanan ini silahkan kunjungi www.ads.google.com dan login menggunakan akun google Anda. Agar mendapatkan hasil yang optimal, setidaknya Anda butuh pembelajaran agar bisa menggunakan metode pakar. Tapi jika Anda masih baru mengenal Google Ads silahkan pilih metode smart, karena pengaturannya tidak seribet metode pakar. Anda tinggal memasukkan, url web, keyword dan kota atau negara yang ingin dibidik.

4. Aktif Di Sosial Media
Saat ini hampir setiap orang memiliki akun sosial media seperti facebook dan instagram, oleh karena itu sosial media sangat penting untuk memaksimalkan promosi. Instagram dan facebook saat ini menjadi alat branding dan marketing yang efektif. Tanpa promosi, produk Anda akan sulit dikenal publik. Sudah banyak pebisnis yang omsetnya ratusan juta per bulan hanya mengandalkan sosial media.

Akan lebih bagus lagi jika Anda menjalankan Facebook Ads atau Instagram Ads. Facebook Ads adalah media periklanan yang menargetkan pengguna Facebook sebanyak audiens mereka. Penempatan iklan biasanya di beranda atau sidebar. Ada beberapa macam iklan yang bisa Anda gunakan pada Facebook Ads.

Iklan Facebook juga memiliki beberapa kategori berdasarkan tujuannya, seperti impression, lead, traffic dan lain sebagainya. Penargetan Facebook Ads sangat detail sekali, Anda bisa menargetkan iklan Anda hanya tampil berdasarkan hobi, usia, jenis kelamin, lokasi, pekerjaan dan beberapa demografi lainnya.

Baca Juga :  Media Promosi Online Paling Efektif & Strategi Promosi

5. Content / Artikel
Ini hal yang paling banyak dilupakan oleh pemilik website bisnis. Dalam website mereka hanya fokus pada produk yang dijual saja, tidak ada artikel sama sekali. Sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk konsumen akan mencari informasi terkait hal tersebut. Jadi buatlah artikel yang berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 


Lakukan Sekarang Juga


6. Optimalkan Website Anda
Anda mempunyai “kuasa penuh” dari website yang Anda miliki, tidak seperti saat berjualan di marketplace. Banyak cara untuk mengoptimalkan website Anda untuk meningkatkan penjualan seperti :

  • Memasang pixel facebook untuk retargeting
  • Memasang form email autoresponder
  • Memasang banner promo
  • Menerapkan strategi marketing sendiri

7. Program Reseller atau Dropship
Cara termudah untuk meningkatkan penjualan adalah dengan program dropship atau reseller. Kebanyakan orang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tapi tidak punya modal untuk memulai usaha. Semakin banyak reseller yang bergabung, maka semakin besar pula peningkatan penjualan Anda.

8. Kupon Diskon
Strategi kupon diskon terbukti cukup efektif dalam mendongkrak penjualan. Tidak bisa dipungkiri semua orang suka dengan yang namanya diskon. Tapi, jangan sampai Anda memberikan diskon tanpa memperhitungkan resiko kerugian. Misalnya, saat pengiriman barang selipkan kupon diskon 10% dengan nominal pembelian tertentu. Dan kupon diskon tersebut hanya berlaku selama 30 hari.

9. Testimonial Pelanggan
Pajang testimonial konsumen di website dan sosial media supaya meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Walaupen terlihat sepele, namun trik ini cukup jitu untuk menarik calon pembeli potensial.

10. Cross Selling
Dalam pengertiannya, cross selling adalah strategi pemasaran supaya konsumen membelanjakan uang lebih banyak di website kita dengan membeli produk tambahan, biasanya dikemas dalam paket penjualan atau customer service yang menawarkan langsung. Contohnya, saat membeli rokok di Indomart kasir akan menawarkan korek “Koreknya sekalian mas?”. Atau saat di cafe kita pesanan makanan ditawari juga snack.

Tidak ada seorangpun yang bisa memprediksi kapan pandemi covid 19 ini akan berakhir, jangan larut dalam keadaan sudah saatnya bangkit. Terapkan tips tersebut diatas untuk bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Share ke facebook, mungkin orang terdekat Anda juga mencari solusi untuk usaha yang digelutinya. Semangat !!!


Kategori Review

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top