Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Strategi Jitu Memulai Bisnis Catering

Bisnis Catering

Bisnis Kuliner

Strategi Jitu Memulai Bisnis Catering

Makan dan minum merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap makhluk untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Setiap orang perlu makan. Oleh karena itu, bisnis di bidang makanan memang tidak ada matinya, seperti bisnis catering.

Lihat saja di sepanjang jalan atau pusat-pusat perbelanjaan, warung makan atau pedagang makanan kaki lima dapat dengan mudah ditemui. Bahkan, di samping atau di depan rumah kita pun ada penjual makanan.

Usaha kuliner ini bisa dijadikan lahan bisnis menjanjikan. Salah satu usaha di bidang makanan adalah bisnis catering. Bisnis ini berkutat seputar pemenuhan kebutuhan makan perseorangan, rumahan, kantoran, resepsi pernikahan, pengajian, arisan, dan lain-lain.

 


Memulai Bisnis Catering


Jika Anda orang yang pandai atau hobi memasak, tidak ada salahnya mencoba usaha ini menjadi lahan bisnis menguntungkan. Membuka usaha ini tidak perlu memikirkan modal dan tempat usaha yang besar. Usaha ini dapat dimulai dari dapur rumah Anda sendiri. Jika tidak memiliki modal lebih, mulailah dengan bisnis catering skala kecil.

Untuk memulai setiap usaha, diperlukan niat dan tekad yang kuat. Begitu pula dengan bisnis catering. Jika sudah mantap, mulailah dengan catering skala kecil, seperti catering rumahan, arisan, dan pesta ulang tahun.

Berapa banyak jumlahnya disesuaikan dengan kemampuan modal dan tenaga Anda. Jika sudah berjalan, usaha dapat ditingkatkan ke skala menengah atau lebih besar. Peningkatan ini tentu dibarengi dengan jumlah modal dan tenaga kerja.

Jika tidak suka memasak, Anda dapat bekerja sama dengan orang yang pandai memasak. Anda juga dapat menjalin kerja sama dengan pemasok bahan-bahan makanan, seperti penjual beras, penjual sayuran, penjual daging, dan penjual ikan.

 


Sukses dalam Usaha Catering


Setiap orang yang memulai usaha pasti ingin sukses menjalankan usahanya. Kesuksesan dalam sebuah usaha, di samping berdoa, juga dibarengi kerja keras, pengelolaan yang baik, dan strategi usaha yang jitu.

Baca Juga :  Bisnis Plan Makanan, Peluang Usaha Sepanjang Tahun

Dalam usaha catering, yang perlu diperhatikan adalah menu dan rasa. Pemilihan menu yang tepat dan rasa yang enak menjadi salah satu bagian dari strategi usaha catering.

Jika menu dan rasa yang enak, orang pun tidak akan rugi mengeluarkan uang banyak untuk berlangganan catering Anda. Apalagi, bahan-bahan yang digunakan terjaga kesegaran dan kebersihannya. Anda dapat membuat menu khas dari usaha catering yang dapat diunggulkan.

Di samping menu, harga pun menjadi pertimbangan untuk menarik pelanggan. Tidak ada salahnya, di awal usaha, Anda memberikan harga sedikit lebih murah untuk menarik pelanggan.

Jika pelanggan merasa puas dengan menu catering, Anda dapat menaikkan harga kembali pada posisi normal, bahkan sedikit lebih mahal. Penentuan harga disesuaikan dengan biaya pembelian bahan-bahan dan biaya produksi.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting dalam usaha ini adalah promosi dan pemasaran. Anda dapat mempromosikan usaha catering kepada kenalan, tetangga, atau orang lain.

Media promosi dapat dilakukan melalui selebaran atau brosur yang disebar ke berbagai komplek perumahan atau perkantoran. Bahkan, pada saat acara arisan atau pengajian.

Anda juga tidak perlu khawatir masalah pengiriman catering jika belum memiliki karyawan. Saudara atau kerabat Anda bisa diajak kerja sama untuk bagian pengiriman dengan sistem upah mingguan atau bulanan.

Banyak cara menuju sebuah kesuksesan. Tinggal bagaimana Anda melaluinya setahap demi setahap dengan penuh semangat, disiplin, kerja keras, dan doa. Kesuksesan tidak diukur dari hasil yang diperoleh, tetapi diukur dari proses demi proses yang telah dilakukan. Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai rencana bisnis.

Laman: 1 2 3


Kategori Bisnis Kuliner

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top