Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Cara Memulai Bisnis Butik Baju Untuk Pemula

Bisnis Butik

Bisnis Pakaian

Cara Memulai Bisnis Butik Baju Untuk Pemula

Ada banyak cara yang dapat dipilih dalam melakukan bisnis. Jika Anda termasuk orang yang sangat mencintai dunia fashion, maka membuka usaha bisnis butik termasuk salah satu contohnya. Bisnis ini mempunyai prospek yang tak akan pernah habis seperti halnya bisnis makanan.

Bisnis termasuk salah satu jalan yang paling baik untuk diambil sebagai mesin pencetak uang. Sebagai kunci utama, membawa hobi Anda masuk ke dalamnya akan membantu menikmati pekerjaan tersebut. Untuk memulainya, maka dapat dilakukan bisnis dengan modal sendiri, jual online atau jual secara langsung.

 


Tips Mendirikan Bisnis Butik


Bingung bagaimana memulai sebuah bisnis? Anda termasuk penyuka dunia fashion? Apakah keputusan membuka bisnis jenis butik adalah hal terbaik?

Untuk langkah pertama, tentukan objek yang akan dijadikan bisnis. Jika terfokus pada dunia fashion, persempit kembali objeknya, apakah berupa aksesoris atau pakaian. Setelah itu carilah supplier baju butik dengan mengontak asosiasi nasional distributor untuk mendapatkan supplier yang dapat menjual produk Anda dengan benar.

Setelah Anda mendapatkan data beberapa supplier, segeralah kontak mereka untuk menawarkan produk dan menanyakan apakah mereka bersedia bekerja sama selanjutnya. Menurut salah seorang ahlli fashion-dikutip dari Stylecareer.com-Jennie S Bev, menyatakan bahwa setiap pengusaha yang mendirikan butik hendaknya membatasi jumlah supplier hingga menjadi satu.

Hal ini dilakukan agar mempermudah proses pemesanan. Selain itu, kita sebaiknya memilih supplier yang memberikan tawaran biaya per unit dengan harga rendah. Tujuannya untuk membantu bisnis dalam meraih keuntungan setiap itemnya.

Langkah selanjutnya adalah menentukan dan menemukan lokasi untuk usaha butik Anda. Jika online, silakan membuat konsep marketingnya. Tidak lupa juga untuk selalu mempelajari karakter/ target pembeli. Jika berbentuk tempat, maka pilihlah tempat dengan harga sewa murah untuk setiap bulannya.

Baca Juga :  Cara Bisnis Pakaian Tanpa Modal

Cari tahu pesaing dalam lingkup bisnis Anda, sebagai bahan pertimbangan menganalisa poin-poin dari rival bisnis. Misalnya, apakah mereka memberikan penawaran khusus, atau apa saja produk-produk yang menjadi best seller mereka, dan lain sebagainya.

Sebagai permulaan, ajak anggota keluarga Anda untuk membantu membangun bisnis tersebut. Ini dilakukan juga agar meminimalisir pengeluaran. Jadi, Anda bisa terfokus pada bisnis bukan masalah karyawan.

Untuk masalah promosi, sebagai permulaan yang cepat, Anda bisa membuat iklan singkat di media sosial pribadi, atau mungkin berbayar. Selain iklan online, ada baiknya membuat brosur untuk disebarkan di lingkungan Anda (rumah, kampus, dan temapat lainnya). Itulah beberapa tips yang dapat Anda coba lakukan.

 


Berapa Modal Usaha Butik?


Jika sudah dipastikan akan membuka usaha bisnis butik ini, maka giliran Anda memikirkan modal yang harus dikeluarkan demi terwujudnya sebuah bisnis idaman. Inilah perkiraan modal yang harus dikeluarkan saat pertama kali mendirikan bisnis butik.

  • Sewa tempat Rp. 25.000.000/tahun
  • Etalase Rp. 5.000.000
  • Stok pakaian Rp. 7.000.000-Rp. 10.000.000
  • Listrik Rp. 150.000/bln
  • Gaji karyawan Rp. 700.000-Rp.1.000.000/bln
  • Biaya perawatan gedung Rp. 325.000/bln
  • Lain-lain Rp. 1.000.000

Mengingat pakaian merupakan kebutuhan pokok, maka pangsa pasarnya sangatlah luas. Jadi, jangan khawatir berapa lama modal akan kembali. Dalam berbisnis, menikmati situasi adalah penting. Tapi, karena pangsa pasarnya luas, pesaing juga tidak akan pernah sepi, akan ada nama-nama baru.

Karenanya, kita sendiri harus memiliki sketsa strategi yang handal. Strategi ini dapat berupa jenis produk, segmentasi pasar, variasi produk, sistem pemasaran, dan juga harga.

Target pembeli juga merupakan strategi jitu dalam mengembangkan jumlah traffic. Setiap pangsa memiliki strategi berbeda pula, maka tak ada hasil pasti dalam setiap perkiraan yang dibuat. Ini semua merupakan beberapa faktor penentu bagaimana sebuah usaha akan berkembang.

Baca Juga :  Seluk-beluk Membuka Bisnis Toko Baju

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Pakaian

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top