Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Biro Jasa, Peluang Usaha Minim Modal

Biro Jasa

Bisnis Jasa

Biro Jasa, Peluang Usaha Minim Modal

Anda tentu sering mendengar istilah bisnis biro jasa. Di komplek perumahan yang Anda tempati juga bisa didapati beberapa biro jasa, semisal biro jasa yang bergerak di bidang travel, pengiriman dan kargo, perpanjangan STNK, bahkan mungkin saja biro jasa pengacara pun hadir di komplek perumahan Anda. Ya, usaha biro jasa memang mudah ditemukan di manapun.

Seiring semakin sempitnya lapangan pekerjaan yang tersedia, mendirikan biro jasa bisa menjadi salah satu alternatif. Beberapa biro jasa bisa didirikan hanya dengan modal yang sedikit dan tak perlu tempat yang luas. Sebut saja misalnya biro jasa akuntan.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang akuntansi dan perpajakan, tak ada salahnya mencoba ranah bisnis biro jasa akuntan. Hanya cukup bermodalkan space ruangan di rumah, tak perlu luas yang penting sebagai representatif bisnis biro jasa yang Anda kelola.

Yang perlu diingat ketika Anda memang berniat mendirikan sebuah biro jasa, mulailah dengan niat yang kuat. Perkara modal yang minim bisa diakali dengan seiringnya usaha biro jasa Anda yang berkembang.

Para pelaku bisnis jasa juga berlomba memberikan pelayanan maksimal dan pembayaran yang bersaing agar para pelanggan merasa puas dan tetap setia menggunakan biro jasa mereka. Bahkan ada biro jasa yang menerapkan sistem antar jemput sesuai permintaan pelanggan.

Sebuah biro perpanjangan STNK dan pembuatan surat-surat motor lainnya di Jakarta menerapkan sistem jemput bola seperti itu. Hasilnya tentu saja konsumen puas dan merasa terbantu dengan sistem yang mereka terapkan.


Alternatif Usaha Biro Jasa


Hidup tak pernah berjalan seperti apa yang Anda bayangkan. Kenyamanan Anda dalam bekerja bisa saja tiba-tiba terhenti karena terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran di perusahaan tempat Anda bekerja. Jika Anda mengalami hal tersebut, ada baiknya Anda memikirkan alternatif usaha yang bisa mendatangkan pendapatan setiap bulannya.

Baca Juga :  Membuka Usaha Cuci Mobil yang Menguntungkan

Usaha biro jasa bisa menjadi alternatif solusi bagi keuangan Anda. Dengan modal minim, Anda bisa membuka biro jasa di rumah. Apa saja usaha jasa yang bisa Anda dirikan? Berikut beberapa bisnis biro jasa yang mungkin saja bisa Anda dirikan dan kelola.

  • Jasa pengurusan STNK, perpanjangan STNK, balik nama STNK, mutasi, pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi), BPKB, dan lain-lain.
  • Jasa pembuatan paspor, e-paspor (paspor elektronik), perpanjangan paspor, paspor hilang, paspor perubahan nama atau alamat, pembuatan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), pembuatan surat izin seputar pendirian usaha atau bisnis seperti CV, TDP, SIUP (Surat Izin Untuk Perdagangan), IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan lainnya.
  • Jasa pengurusan kiriman mobil barang.
  • Jasa pengiriman kurir atau kargo.
  • Jasa travel.
  • Jasa akuntan.

Jika Anda berniat mendirikan usaha biro jasa travel, bisa melihat panduan untuk pendiriannya. Prosedur yang harus dilakukan ketika hendak mendirikan sebuah jasa di bidang travel di antaranya harus mempunyai izin usaha dahulu. Prosedurnya adalah:

  1. Untuk mendirikan usaha jasa harus mempunyai SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan SITU (Surat Izin Tempat Usaha), bisa juga ijin usaha (bisa CV, sebaiknya PT).
  2. Untuk mendirikan bisnis jasa travel harus mendaftar ke ASITA (Asosiasi Travel Indonesia), di tiap kota ada DPD nya.
  3. Mengajukan permohonan menjadi sub agen pada airlines. Biasanya untuk pengajuan pertama kalinya tidak bisa langsung diterima, tetapi harus menunjukkan hasil penjualan tiket selama 3 bulan dengan cara Letter of Guarantee (L/G) kepada airlines.
  4. Setelah memenuhi target penjualan tiket selama 3 bulan, Anda akan diberi software ticketing oleh airlines dan diangkat menjadi sub-agent.
  5. Jika Anda ingin menyediakan penerbangan internasional, harus mendaftar ke IATA (Asosiasi Angkutan Udara Internasioal). Modal yang diperlukan cukup besar dengan menyimpan deposit pada setiap airlines.
Baca Juga :  Untung Besar dengan Budi Daya Ikan Hias

Lebih enaknya lagi jika Anda berniat franchise karena banyak penawaran dari beberapa agen travel yang mencari sub agen. Anda tidak perlu mengurus perizinan dan lainnya karena sudah dibereskan oleh agen travel yang bersangkutan. Anda hanya tinggal menyediakan tempat dan modal serta mulai menjual tiket penerbangan saja.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top