Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Belajar Memanfaatkan Peluang Bisnis

Belajar Memanfaatkan Peluang Bisnis

Peluang Usaha

Belajar Memanfaatkan Peluang Bisnis

Ketika masih di dunia sekolah sebagian siswa mungkin bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil atau menjadi manager perusahaan ternama, namun ketika mendapati kenyataan di lapangan bahwa mendapatkan pekerjaan sesuai harapan tidak semudah yang dibayangkan, mereka yang tidak memiliki mental baja mungkin akan mulai putus asa.

Adakala meski telah mendapatkan pekerjaan tiba-tiba terjadi hal-hal yang tidak di inginkan misalnya terjadi Pemutusan Hubungan Kerja karena krisis ekonomi yang menyebabkan perusahaan tempat bekerja tak mampu mempertahankan bisnisnya atau pengurangan insentif, upah demi upaya bertahan si pemilik perusahaan sehingga penghasilan pekerja jauh berkurang.

Keadaan-keadaan seperti ini yang seharusnya bisa diatasi dengan belajar memanfaatkan peluang bisnis agar tetap mampu mencukupi kebutuhan hidup sesuai standar kehidupan yang layak.

Berbisnis, membuka wirausaha tidak seluruhnya membutuhkan modal besar. Kebanyakan orang berpikir duakali jika ada yang menyarankan untuk mulai belajar berwiraswasta, modal adalah kendala paling utama.

Padahal jika kita berniat untuk membuka wirausaha dengan modal dana yang minim pun bisa, asal kita memiliki keterampilan khusus dan jeli membaca peluang usaha. Untuk itu, di luar dunia sekolah, memperkaya wawasan untuk mengeksploitasi kemampuan masing-masing pribadi perlu dilakukan.

Mengenali kemampuan diri bisa dilakukan dengan cara membaca, baik itu membaca kisah-kisah inspiratif hingga membaca buku motivasi diri. Kemudian sedikit demi sedikit mulai memaksimalkan kemampuan atau keterampilan khusus yang dimiliki.

Kita percaya setiap makhluk diciptakan berbeda, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan serta minat dan bakat masing-masing, kelebihan inilah yang bisa dieksploitasi untuk menjadi salah satu sumber penghasilan kecil-kecilan.

Ada yang berbakat menggambar mungkin bisa membuka sanggar lukis atau rajin mengirimkan karikatur ke media massa, bagi pemilik suara indah mungkin bisa mengikuti audisi pencarian bakat, yang memiliki kemampuan menulis tentu tak ketinggalan untuk mencoba mengirim naskah tulisannya baik itu puisi, cerita pendek, opini ke media massa atau mencoba menulis novel.

Baca Juga :  Ide Bisnis Unik Yang Menguntungkan

Niat adalah modal paling utama. Jika berniat untuk mulai berbisnis kecil-kecilan, kita harus mengasah insting, mempertajam analisa dan pengamatan di lingkungan sekitar tentang jenis usaha atau jasa apa yang sekiranya diperlukan.


Contoh Peluang Bisnis


1. Katering
Bagi yang berbakat dan memiliki kegemaran memasak mungkin bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis katering, tidak perlu dalam skala besar dulu, katering rumahan dengan sasaran rumahtangga atau pekerja kantoran sebagai konsumen akan menjadi awal yang baik.

Jika ingin mengembangkan menjadi bisnis catering lebih besar yang menerima order hajatan bisa disiasati dengan menawarkan proposal kerjasama ke event organizer atau menitipkan brosur di kios-kios cenderamata pernikahan.

2. Warung makan
Selain catering, mereka yang memiliki atensi di dunia memasak bisa juga memulai usaha warung makan kecil-kecilan apalagi jika memiliki resep andalan karena para pecinta wisata kuliner biasanya suka mencoba menu-menu baru.

3. Usaha kue-kue kering
Tak semua orang mahir memasak menu makanan utama namun membuat kue kering atau roti dan pastry membutuhkan waktu belajar yang lebih singkat daripada belajar memasak menu untuk santapan. Selain membuat sendiri roti dan kue kering kita juga bisa menjadi reseller kue-kue kering di saat permintaan akan kue kering meningkat, biasanya saat Lebaran atau Natal.

Laman: 1 2


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top