Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Bebek Peking, Kuliner Kelas Dunia

Bebek Peking, Kuliner Kelas Dunia

Bisnis Kuliner

Bebek Peking, Kuliner Kelas Dunia

Pernahkah Anda menyantap bebek peking ? Ya, bebek peking bakar merupakan salah satu kuliner dari Cina yang melegenda. Bebek jenis ini karakter dagingnya lembut dibalut dengan bumbu khas oriental, rasanya top markotob.

Bebek peking merupakan masakan yang diolah dengan cara dibakar di atas perapian, tapi tak terkena api langsung. Setelah dibakar matang, daging bebek akan berubah merah matang dan mengeluarkan aroma wangi.

Bebek peking yang sudah matang, diiris tipis-tipis, kemudian irisan daging bersama irisan daun bawang ditaruh dalam lembaran dadar dan digulung, sebelum disantap dicocol dengan saus special. Rasanya tiada tandingannya, sulit diungkap dengan kata-kata.

Menu ini menjadi makanan favorit di pesta-pesta dan perayaan di kalangan masyarakat China. Bahkan di negara China, banyak sekali restoran yang khusus menyajikan menu bebek peking.

Asal muasalnya merupakan menu masakan yang wajib dicoba ketika Anda sedang melancong ke negara China atau Hongkong. Jangan khawatir harganya murah. Karena bebek peking sudah diternakan secara massal untuk memenuhi kebutuhan pecinta kuliner.

Memang dahulu, sangatlah terbatas karena hanya orang kaya dan bangsawan saja yang bisa menikmati irisan daging bebek peking.

China merupakan negara yang miliki khasanah kuliner yang besar. Budaya kuliner di China sudah berlangsung sejak ribuan tahun. Seni memasak banyak diterapkan di lingkungan kerajaan di China.

Menjadi koki kerajaan menjadi profesi yang terhormat. Selain itu, koki kerajaan harus bisa mengerti selera Sang raja. Dan melayani kebutuhan kulinernya.

Diperkirakan bebek peking merupakan salah satu warisan resep kerajaan di masa Dinasti Yuan. Di masa itu bebek menjadi menu utama saat santapan besar kerajaan. Pada masa itu resep kuliner kerajaan sangat dirahasiakan, dilarang keras dipraktikkan diluar tembok istana.

Baca Juga :  Usaha Pop Ice Modal Kecil Untung Besar

Bahkan, siapa yang ketahuan membocorkan resep istana ganjaran hukuman mati. Begitu juga dengan bebek panggangnya yang ternyata diminati oleh kerabat istana, hingga untuk memenuhi kebutuhan istana, maka raja menyuruh membudidayakannya agar kebutuhan pesta raja terpenuhi.

Peternak memperlakukan khusus terhadap bebek-bebeknya, pakan yang diberikan juga berbeda dengan ternak lain. Kandang bebek harus jauh dari hiruk pikuk manusia agar bebek milik kerajaan tak stres, dipercayai bebek yang stres berdampak pada penurunan rasa dagingnya.

Lama kelamaan, masyarakat di luar istana mencoba membuat sendiri bebek peking dengan menggunakan bumbu racikan sendiri pula. Pada dasarnya, masakan yang dipanggang bukanlah proses yang rumit, jadi akhirnya bebek peking ikut disantap oleh rakyat jelata.

 


Cara Membuat Bebek Peking


Anda pun sebenarnya bisa membikin sendiri di rumah. Karena ternyata tak susah membuat sendiri dan bahan utama daging bebek segar dan bumbunya pun bisa didapat dengan mudah di supermarket. Sangat pas disajikan untuk santapan makan malam, pesta keluarga, dan acara-acara formal lainnya. Perkakas yang perlu Anda siapkan adalah oven / microwave berfungsi untuk memanggang bebek.

Bahan – bahan :

  • Satu ekor bebek peking segar yang sudah dibersihkan.
  • Kecap asin 2 sdm.
  • Kecap manis 2 sdm.
  • Gula pasir 1 sdm.
  • Jeruk nipis satu butir besar.
  • Air matang satu gelas / 200 ml.
  • Merica bubuk 1 sdm.

Cara Masaknya

  1. Campur semua bumbu kedalam satu wadah, aduk sampai rata kemudian diguyur perasan air jeruk nipis. Lalu, siapkan satu ekor bebek yang sudah dibersihkan, olesi dengan bumbu sampai merata hingga bagian dalamnya. Masukan bebek ke dalam wadah yang berisi bumbu hingga satu jam, supaya bumbu meresap kedalam daging.
  2. Selanjutnya, jemur sebentar hingga bumbu menjadi tiris. Masukan ke dalam oven yang sudah dipanasi sebelumnya. Kemudian, panggang selama 30 menit atau hingga bebek matang secara merata. Indikasinya warna kulit menjadi merah menyala atau coklat matang. Terakhir, hidangkan bersama saus kecap pedas dan irisan timun serta irisan daun bawang.
Baca Juga :  Teliti Sebelum Membeli Bisnis Waralaba Makanan

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Kuliner

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top