Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Bank Sampah, Cara Baru Memanfaatkan Barang Bekas

Bank Sampah

Bisnis Barang Bekas

Bank Sampah, Cara Baru Memanfaatkan Barang Bekas

Seperti yang diketahui, Bank adalah sebuah instalasi yang bergerak dibidang penyimpanan, terutama yang berhubungan dengan uang. Namun, belakangan ternyata Bank yang biasanya berhubungan dengan uang itu sudah berubah bentuk menjadi hal lain. memang, artiannya masih sama, yaitu penyimpanan, namun kali ini adalah penyimpanan sampah. Pasti Anda bingung kan? Lho, kok Bank Sampah.

Ya, ini adalah sebuah yayasan yang dibina di daerah Yogyakarta, tujuannya, tentu saja menerima penyimpanan sampah masyarakat sekitar, dan menjadikan sampah tersebut uang. Jumlah sampah yang masuk dengan uang yang diterima tentu akan berbeda jauh.

Kalau sampah yang masuk banyak, jangan harap uang yang masuk sebanyak sampah yang disetorkan. Tapi, bayangkan, hanya dengan menyetorkan sampah, Anda akan mendapatkan pundi-pundi rupiah. Hmm, menarik, bukan? Ayo kita telusuri.

 


Kinerja bank Sampah


Bank sampah tersebut berlokasi di daerah bantul, tepatnya di dusun Bandegan, Kelurahan Bantul Yogyakarta. Didirikan secara swadaya dan bekerja sama dengan masyarakat setempat. Tujuannya tentu saja untuk menjaga lingkungan, sisanya agar masyarakat mampu membudayakan barang bekas menjadi sesuatu yang bisa dijadikan uang.

Kinerjanya lebih pada sampah di sekitar masyarakat dipilah-pilah, lantas ditimbang. Dari hasil timbangan tersebut, pihak bank baru menentukan berapa uang yang bisa diberikan. Kinerjanya mirip dengan bank umumnya.

Masyarakat dibuatkan buku tabungan, uang tidak langsung diberikan pada si penabung, tapi lebih dulu dimasukkan ke dalam tabungan. Jumlahnya pun tidak langsung besar, dari mulai rupiah yang kecil-kecil dulu. Menarik, bukan?

 


Pengelolaan Bank Sampah


Bank sampah ini fungsinya bukan melulu menumpuk sampah, namun bank ini menyalurkan sampah yang didapat sesuai dengan kebutuhan. Misal, sampah basah hasil rumah tangga yang terdiri dari sayuran, dikumpulkan untuk dijadikan pupuk kompos.

Baca Juga :  Pengolahan Barang Bekas Tetap Berkelas

Sampah kering berupa botol, kaleng, dan kertas dipisah lagi. biasanya sampah kering ini dijadikan barang kembali dari hasil daur ulang dan semua berupa kerajian tangan. Misal, vas bunga dari kaleng bekas, tas dari rajutan sedotan atau pipet yang dianyam dengan benang dan jarum, bungkus rokok dibentuk asbak, dan masih banyak lagi.

Semua pengolahan tersebut diserahkan pada masyarakat setempat. Dari masyarakat dan kembali ke masyarakat. Hmm, benar-benar menarik.

 


Dalam Perspektif Ekonomi


Ide ini sungguh unik. Ternyata, bank bukan hanya bergerak dalam hal keuangan, tapi juga terhadap benda yang sudah dibuang. Ide untuk menamakan bank sampah membuat image tentang pengumpulan barang bekas menjadi berbeda.

Dengan begitu perspektif juga berbeda, malah lebih terkesan keren. Harus diingat juga, perbedaan tersebut juga ternyata berpengaruh besar terhadap ekonomi. Disini justru bisa mendatangkan uang dari barang bekas bernama sampah, ditambah lagi memberikan tambahan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Nah, mari kita buat bank sampah lainnya di seluruh Indonesia, bukan hanya di Yogya saja. Bagaimana?


Kategori Bisnis Barang Bekas

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top