Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Seputar Alat Tulis Kantor Travel Umroh

Alat Tulis Kantor

Bisnis Jasa

Seputar Alat Tulis Kantor Travel Umroh

Alat tulis kantor. Sejak munculnya wacana akan adanya moratorium atau pemberhentian sementara pendaftaran haji ditanggapi positif oleh para pelaku bisnis. Tanggapan tersebut tampak dari ramainya para pelaku bisnis kini membuka travel perjalanan umroh.

Karena hal ini menjadi jalan juga untuk membuka haji plus. Dengan syarat sudah memberangkat 200 orang jamaah umroh, maka kesempatan membuka perjalanan ibadah haji plus bisa dilakukan.

Konsep umum membuka travel memang mudah. Namun, ada hal yang terutama meski dimiliki di dalam travel. Apa itu? Alat tulis kantor travel. Ini menjadi bagian terpenting dari travel. Alat tulis kantor berperan untuk membantu proses pelaksanaan ibadah umroh dalam hal pendataan. Tanpa Alat tulis kantor tentu saja proses administrasi tidak bisa dilakukan.


Empat Alat Tulis Kantor Utama Travel


Apa saja alat tulis kantor yang mesti dimiliki? Bila dirinci ada empat alat tulis kantor travel umroh yang utama atau primer dimiliki.

1. Pulpen
Dari zaman dulu hingga sekarang, pulpen tetap menjadi alat tulis kantor yang utama, termasuk juga travel. Meski posisi pulpen mulai agak tergeserkan sejak adanya komputer. Tetap saja, fungsi pulpen sebagai media untuk mencatat secara langsung. Misalnya, ada yang menelpon dan ingin mendaftar.

Tentunya, namanya tidak langsung diketik di database. Biasanya dicatat di buku catatan sederhana. Atau pulpen juga digunakan untuk menulis nama-nama tamu yang bertanya tentang travel umroh.

Pulpen juga berperan untuk mencek ataupun mengisi data-data yang tidak bisa dilakukan dengan komputer, misalnya kartu masuk umroh (bitaqatud duhul lil umroh) dan kartu berangkat untuk umroh (bitaqah mughadarah lil umroh). Masih banyak fungsi pulpen yang lain sebagai alat tulis kantor.

Baca Juga :  Bisnis Tiket Pesawat

2. Komputer
Di zaman yang disesaki dengan barang elektronik, tentu keberadaan mesin tik sudah mulai dihapus. Jarang sekali ada alat tulis kantor travel menggunakan mesin tik. Komputer dan internet mesti menjadi satu paket.

Pasalnya, untuk pengurusan tiket dan visa dapat dilakukan dengan menggunakan internet. Dan tidak mungkin menggunakan internet tanpa memiliki komputer.Karena itu, komputer dan internet menjadi satu paket.

Selain itu, keberadaan komputer menjadi penting untuk mengetik dan menyimpan data-data jamaah yang sudah berangkat, sedang berangkat dan bakal berangkat. Pasalnya, terkadang ada jamaah yang ingin berangkat umroh tiga bulan ke depan dari bulan saat dia mendaftar.

Jika masih manual, tentu saja dikhawatirkan bisa hilang data-datanya. Oleh karena itu, dimasukkannya komputer sebagai alat tulis kantor utama adalah tepat. Namun, jangan lupa setelah itu disimpan di dalam email milik travel umroh. Fungsinya, bila ada hal-hal yang ingin ditambah bisa dilakukan pegawai travel di luar umroh. Tentu hal ini sangat bermanfaat.

3. Penggaris
Penggaris memang tidak semua travel menjadikannya sebagai alat tulis kantor yang utama. Namun, untuk travel yang ingin memiliki membuat data print nama jamaah, tanggal lahir, tempat lahir, no pasport, tanggal terbit pasport, tanggal, berakhir dan tempat pengeluaran pasport, tentu saja membutuhkan penggaris.Karena data tersebut tidak bisa dengan satu kertas.

Biasanya, empat kertas kemudian di lem menjadi satu, lalu dipotong di atas-bawah dan samping kanan-kiri dengan rata dengan bantuan penggaris dan pisau. Karena itu, penggaris, lem dan pisau cuter menjadi bagian alat tulis kantor yang penting di sebagaian travel.

4. Buku Tamu
Buku tamu menjadi alat tulis kantor travel umroh dikarenakan terkadang ada tamu yang datang belum mendaftar untuk menjadi jamaah. Ia hadir hanya untuk menanyakan informasi tentang biaya travel dan fasilitas yang didapatnya. Oleh karena itu, pegawai travel umroh memintanya untuk mengisi data-data dirinya yang terdapat di dalam buku tamu.

Baca Juga :  Tips Sukses Membuka Bisnis Warnet

Dengan pengisian data di buku tamu, nanti pegawai travel umroh bisa mencatat bulan apa tamunya ingin melaksanakan ibadah umroh. Lalu sebulan sebelumnya sudah dapat mengkonfirmasikannya kembali kepada tamu tersebut melalui nomor kontak yang dicatatkannya di dalam buku tamu. Inilah fungsi buku tamu sebagai alat tulis kantor.

Keempat alat tulis kantor tersebut layak mendapat perhatian penting oleh karyawan travel umroh. Jangan sampai ada yang hilang atau rusak. Cukup lucu, bila travel kehilangan pulpen atau lupa di mana meletakkan buku tamu. Oleh Karena itu, menjadi tugas utama karyawan untuk meletakkan alat tulis kantor yang sudah digunakan pada tempatnya.

Laman: 1 2


Kategori Bisnis Jasa

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top