Connect with us

Peluang Bisnis Usaha 2021

Agen Distributor Buku: Dari Offline Menuju Online

Agen Distributor Buku

Peluang Usaha

Agen Distributor Buku: Dari Offline Menuju Online

Bisnis agen distributor atau penyalur, merupakan salah satu bidang bisnis yang digeluti banyak orang. Bisnis ini relatif lebih menjanjikan kesuksesan karena prosesnya dalam menjalankan usaha tidak membutuhkan terlalu banyak sumber daya.

Anda mungkin saat ini sedang kebingungan untuk merintis sebuah bisnis. Bingung bagaimana memulainya dan bingung dari mana mendapatkan modalnya. Zaman sekarang bisnis pun tampaknya terbagi lagi dalam beberapa lingkar cakupan bisnis yaitu cepat, sedang, dan lambat dalam mendapatkan keuntungan.

Tetapi pada umumnya, bisnis dibagi dalam kategori offline dan online. Kata para guru marketing, “kalau Anda tidak bisa menjual dalam hitungan 3 detik, pembeli akan lari.” Bayangkan, kalau Anda mendengar kalimat ini, secepat itukah menjual, menurut Tung Desem Waringin (TSD), Anda memang harus menjual dalam hitungan detik.

Pertanyaannya? Anda mau bisnis apa? Apakah Anda ingin menjalankannya sendiri? Apakah Anda hanya ingin sebagai agen penyalur (agen distributor) dari sebuah bisnis yang Anda geluti? Atau hanya ingin jadi investor tanpa terlibat langsung. Ingat, bisnis yang laku, bukan bisnis tanpa risiko gagal.


Peluang Bisnis Buku Online


Anda boleh memilih sendiri ingin bisnis Anda bergerak di bidang apa? Salah satu bidang bisnis yang bisa Anda terjuni saat ini adalah bisnis buku online. Kalau misalnya Anda memilih dan bertekad menggeluti bisnis buku, sebelumnya perlu diketahui dari hasil review, kurun tahun 2010, dunia buku memasuki ancaman yang serius. Mengingat anjloknya omset sejumlah penerbit dalam penjualan.

Pengakuan ini didapat dari hasil pameran IKAPI Agustus 2010. Gencarnya informasi digital melalui situs-situs online merangsek toko-toko buku tradisional (offline). Banyak orang yang meninggalkan dunia buku dan beralih menjadi pembaca aktif artikel online.

Baca Juga :  Bisnis Percetakan Murah

Ciri artikel online adalah pendek, singkat, ringkas, mudah dicerna, dan tidak membutuhkan perenungan yang mendalam. Hal inilah yang membuat orang “adiktif” kecanduan untuk mengetahui berita-berita terkini.

Perubahan trend para pembaca ini tentu perlu disikapi dengan serius. Terutama bagi kalangan penerbit buku, untuk mengikuti trend ini, agar dunia perbukuan tetap bisa berkembang. Kalau toko buku saja sudah mengalami guncangan, apalagi agen distributor dan penerbit buku sebagai penyalur (supplier) dan penyedia buku-buku. Lalu, demikian parahkah ancaman bisnis online terhadap bisnis offline. Haruskah semua bisnis offline dijadikan online?

Perkembangan dunia internet yang sangat luar biasa di dunia, membuat situs-situs belanja online tumbuh subur. Dan tidak ketinggalan dunia perbukuan, saat ini mulai berkembang dengan banyaknya bermunculan toko buku online.

Toko buku online ini sekarang tidak hanya menjual buku konvensional atau buku kertas saja. Sekarang trendnya berkembang kea rah digital. Dan buku-buku sudah banyak yang dijual dalam format digital atau e-book.

Kalau menurut perhitungan data kasar dari IKAPI, dalam kurun tahun 2010 penjualan buku secara online mengalami peningkatan yaitu sebesar 5% dari total omset penjualan buku secara nasional yang sebesar 4 trilyun.

Jadi peluang bisnis penjualan buku online ternyata cukup menggiurkan. Mengacu data dari IKAPI di atas, maka angka itu dipastikan akan terus naik. Mengingat perkembangan kemajuan teknologi dan dunia internet semakin pesat.

Dan seiring dengan itu, jumlah pengakses internet terus tumbuh secara signifikan. Hal ini akan menjadi salah satu ceruk pasar tersendiri dalam bidang penjualan buku.

Laman: 1 2


Kategori Peluang Usaha

  • Pusat Grosir Murah Pusat Grosir

    Peluang Usaha

    Direktori Alamat Grosir Kulakan Seluruh Indonesia

    Direktori alamat no telepon grosir, distributor, kulakan, produsen, supplier murah di Indonesia. Semua barang lengkap. Cocok untuk toko & dropship serta pelaku bisnis.

  • Trending Topic

    Artikel Terbaru

    To Top